Pengertian dan Macam-macam SWAG, Apa itu SWAG?


 Pertama kali saya mendengar kata SWAG dari lirik lagunya bang Young Lex (Rapper indo) yang berjudul "Ini Gaya Gue". Awalnya sih saya kira itu Kata-kata ciptaan do'i, ehh setelah di telusuri lebih jauh ternyata... Penasaran? Check this đŸ‘‡

Pengertian SWAG
 Istilah ini diperkirakan berasal dari kata dalam bahasa Inggris sway yang artinya ‘bergerak, berjalan, bergoyang’, sehingga digunakan untuk menggambarkan cara berjalan yang terlihat santai. Lambat laun berubah menjadi SWAG yang dalam bahasa slang mempunyai makna‘gaya, keren, asyik’, baik dalam hal penampilan maupun perilaku. Orang-orang yang melakukannya disebut dengan ‘swagger’ . Kata ini sering dipakai oleh remaja dan artis di luar negeri.
Dalam kamus bahasa Inggris, SWAG berarti barang curian. Tetapi saat saya bertanya pada salah satu teman, beliau bilang bahwa SWAG yang sering dibicarakan itu berarti keren.
 Kata SWAG sebenarnya sudah muncul sejak lama, tapi kian populer akhir-akhir ini. Semakin melejit melalui lagu milik penyanyi terkenal seperti pemusik Hip-hop Jay-Z, rapperPharrell Williams, dan Lil B. Ditambah dengan banyaknya meme lucu yang menggunakan term ini.

Istilah SWAG di Indonesia
 Muda-mudi dalam negeri pun ramai ikut menggunakan istilah ini secara utuh tanpa di-Indonesia-kan. Namun, entah bagaimana, kata SWAG seolah memiliki arti kedua yakni singkatan dari ‘Single woles anti galau’ yang maksudnya adalah ‘jomblo yang santai dan tidak galau’. Lawan kata dari ‘ jones’ alias‘ jomblo ngenes’. Karena alasan itulah, saat ini swag lebih banyak ditujukan kepada orang-orang yang belum punya pasangan.

Macam-Macam gaya SWAG :
• NERD
Style NERD cukup populer pada tahun ini. Ciri khas style ini yaitu kacamata berukuran besar, dasi kupu-kupu dan pakaian bertali.
• GANGSTA
Style GANGSTA adalah style yang paling populer. Style ini selalu terlihat fashionable dan chic . Saya pun paling suka jenis style yang satu ini, meskipun tidak terlalu pintar untuk mengaplikasikannya. Hehehe.
Ciri khas GANGSTA adalah kacamata hitam, kalung berukuran besar, bandana, topi keren seperti keluaran merk NY atau LA dan masih banyak lagi. Style ini sering digunakan oleh Eminem, Justin Bieber, GD dan CL. Mayoritas rapper biasanya menggunakan style GANGSTA.
• HARAJUKU
Nah, style yang satu ini paling banyak digunakan anak-anak muda Korea dan Jepang. HARAJUKU pun sebenarnya berasal dari negara Jepang, loh. Ciri khas yang paling menonjol dari style ini yaitu rambut acak-acakan seperti orang bangun Tidur.
Di Indonesia, style HARAJUKU ini dapat dengan mudah kita temukan di segala tempat. Bahkan pada awal debut, HeeChul dan Leeteuk Super Junior pun sering menggunakan gaya HARAJUKU sebagai pilihan style mereka untuk beraksi di atas panggung.

Sudah tidak penasaran lagi kan? #Maybe
TERKAIT :

8 Responses to "Pengertian dan Macam-macam SWAG, Apa itu SWAG?"

Baca dulu sebelum berkomentar :

1. Berkomentar lah dengan baik dan sopan.
2. Komentar harus sesuai topik, Jika tidak sesuai dengan topik atau menyimpang dan sejenisnya saya anggap SPAM, dan akan saya hapus.
3. Makasih ☺